TNI-Angkatan Udara AS pasang "Solar Cell"

Kupang, 20/7 (FINROLL News) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bekerjasama dengan Angkatan Udara Amerika Serikat (Air Force USA) memasang sembilan "solar cell" atau listrik tenaga surya pada tujuh titik di Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, dalam sebuah misi sosial yang digelar sejak 15 Juli.

"Sebanyak sembilan `solar cell` yang kita pasang di Desa Oebelo untuk membantu penerangan umum kepada masyarakat," kata Wakil Komandan Batalyon Seni Konstruksi XIII Kodam Jaya, Mayor Chris Hermawan yang diperbantukan dalam operasi "Pasific Angel" yang digelar TNI dan Angkatan Udara Amerika Serikat di Kupang, Senin.

Sembilan "solar cell" tersebut, kata Chris, dipasang di lima titik pompa air, satu titik di gedung serba guna desa tersebut yang terdiri atas dua "solar cell" dan satu titik lainnya yang juga terdiri atas dua "solar cell" di mushola setempat.

"`Solar cell` itu telah terpasang dan sudah bia dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Oebelo," katanya.

Dia mengatakan, sebelumnya di desa tersebut terdapat beberapa "solar cell", namun rusak dan tidak diperbaiki. Karena itu, ia meminta warga di sekitar untuk menjaga alat sarana penerangan dengan tenaga surya bantuan Angkatan Udara Amerika Serikat tersebut.

"Saya minta kepada warga yang rata-rata orang eks Timtim (eks pengungsi Timor Timur) untuk menjaga agar barang tersebut tidak rusak," katanya.

Ia menambahkan, di tiap satu kotak sarana penerangan itu, terdapat dua unit "solar cell". Semua fasilitas tersebut adalah bantuan dari Angkatan Udara Amerika Serikat, sedangkan TNI hanya membantu memperlancar tugas-tugas tentara Amerika Serikat yang tengah mengemban misi sosial di Kupang tersebut.

Selain memasang "solar cell" di tujuh titik, misi sosial itu juga memperbaiki satu buah jembatan dan saluran di desa tersebut yang rusak akibat longsor.

Sementara di Desa Naioni, kata Chris, TNI bersama Angkatan Udara AS melakukan beberapa kegiatan antara lain, mengecat kembali gedung Puskesmas Naioni bersama dua buah rumah dinas yang berada dalam satu kompleks.

Juga, menyediakan air bersih bagi warga di desa tersebut, dengan membangun bak penampung serta memasang instalasi pipa sepanjang 300 meter yang menghubungkan bak penampung dengan kompleks pemukiman warga.

Tujuan misi sosial yang dilakukan Angkatan Udara Amerika Serikat, kata Chris, untuk membantu masyarakat agar hidup sehat dengan ketersediaan sarana-prasarana yang memadai. "Kita gunakan sistem `button up` atau memberikan pelayanan dari bawah, sehingga masyarakat dapat terbantu dan mengurangi beban mereka," katanya.

Selain pemasangan lampu tenaga surya, pembangunan bak dan pemasangan pipa air bersih, TNI-Angkatan Udara AS, juga memberikan pelayanan kesehatan gratis, dengan jumlah pasien mencapai 4.061 orang, belum ditambah dengan pelayanan kesehatan di Desa Batakte.

0 Responses to "TNI-Angkatan Udara AS pasang "Solar Cell""